Selamat hari sumpah pemuda

Kandungan isi Sumpah Pemuda dan keberhasilan Kongres Pemuda II mendapat reaksi negatif dari penjajah. Mereka melakukan memberi ruang kelompok yang masih membela daerahnya masing-masing, untuk memecah semangat persatuan.

Penjajah juga menerbitkan pengumuman persatuan Indonesia tidak mungkin karena tiap daerah memiliki ciri dan entitas masing-masing. Pemuda Indonesia tentunya tidak gentar menghadapi serangan tersebut.

Sutejo menjelaskan, organisasi pemuda yang bersifat kedaerahan justru melebur sebagai perwujudan Sumpah Pemuda dan hasil Kongres Pemuda II. Peleburan ini dilakukan pada tanggal 31 Desember 1930 pukul 12 malam.

Organisasi yang melebur adalah Jong Java, Perhimpunan Pemoeda Indonesia, Jong Celebes, dan Pemoeda Soematra yang awalnya bernama Jong Sumatranen Bond. Peleburan organisasi tersebut menjadi Perkoempoelan Indonesia Moeda.

Menurut Sutejo, sejak Sumpah Pemuda terjadi pemerdekaan simbolik dan mental dengan menyatakan kecintaan pada Indonesia. Istilah Hindia Belanda tak lagi digunakan dalam perjuangan bangsa.

Selanjutnya, sejarah mencatat perjuangan memperoleh dan mempertahankan kemerdekaan untuk Indonesia. Konflik antara pejuang dan penjajah tidak lagi bersifat lokal.